Antarmuka
pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna
(user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima
informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna
(user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan
suatu solusi.User interface, berfungsi untuk menginputkan pengetahuan baru ke
dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan
penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh
step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu
sistem. Yang terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan dalam
memakai atau menjalankan sistem, interaktif, komunikatif,
Penjelasan tentang
fitur antarmuka telematika :
Terdapat
7 macam fitur pada antarmuka telematika, yaitu head up display system, tangible
user interface, computer vision, browsing audio data, speech recognition, speech
syntetis, dan video conference.
- Head
Up Display System
Head
Up Display System adalah tampilan transparan yang menyajikan data tanpa
mengharuskan pengguna melihat dari sudut pandang yang biasa mereka lihat. Asal
usul nama dari alat ini yaitu pengguna dapat melihat informasi dengan kepala
terangkat (head up) dan melihat ke arah depan daripada melihat ke arah bawah
bagian instrument. Meskipun pada awalnya dikembangkan untuk penerbangan
militer, HUDS sekarang digunakan dalam handphone, kendaraan bermotor, dan
aplikasi lainnya.
Ada 2 tipe Head Up
Display System, yaitu Fixed HUD dan HMD.
-
Fixed HUD mengharuskan penggunaannya
melihat tampilan melalui media yang dipasangkan ke chassis/bodi mesin. Tampilan
yang ditampilkan tergantung dari orientasi mesin yang bersangkutan misalkan
pesawat tempur. System ini digynakan di kebanyakan pesawat tempur.
-
HMD lebih fleksible karena system ini
menampilkan tampilan sesuai dengan gerakan kepala pengguna. Contoh HUDS,
seperti General Motors yang memulai mengembangkan Head Up Display Berteknologi
Laser. Dengan inovasi ini, pengemudi tak akan lagi menemukan kendala
penglihatan pada kondisi gelap, hujan bahkan kabut sekalipun.
Cara
kerjanya, saat mengemudi dalam kabut, pengemudi bisa memanfaatkan kamera infra
merah pada kendaraan untuk mengetahui dimana keberadaan tepi jalan dan laser
dapat “melukiskan” tepi jalan tersebut pada kaca depan sehingga pengemudi bisa
mengetahuinya.
- Tangible
User Interface
Tangible
User Interface biasa disingkat dengan TUI. TUI adalah antarmuka dimana
seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan fisik. Nama
inisial Graspable User Interface, sudah tidak lagi digunakan. Salah satu
perintis TUI ialah Hiroshi Ishii, seorang professor di laboratorium Media MIT
yang memimpin Tangible Media Group. Pandangan Istimewanya untuk tangible UI
disebut tangible bits, yaitu memberikan bentuk fisik kepada informasi digital
sehingga membuat bit dapat dimanipulasi dan diamati secara lengkap.
Contohnya adalah sistem
Topobo. Dimana balok-balok dalam LEGO Topobo seperti blok yang dapat bertak
bersama, tetapi juga dapat bergerak sendiri menggunakan komponen bermotor.
Seseorang bisa mendorong, menarik, dan memutar blok tersebut, dan blok dapat
menghapal gerakan-gerakan ini.
- Computer Vision
Computer
Vision sering didefinisikan sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan yang
mempelajari bagaimana komputer dapat mengenali objek yang diamati atau
diobservasi. Arti dari computer vision adalah merupakan ilmu pengetahuan dan
teknologi dari mesin yang melihat, dimana mesin mampu mengekstrak informasi
dari gambar yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas teretntu. Sebagai suatu
ilmu, visi computer berkaitan dengantori dibalik system buatan bahwa ekstrak
informasi dari gambar. Data gambar dapat mengambil banyak bentuk, seperti
urutan video, pandangan dari beberapa kamera, atau data multi-dimensi dari
scanner medis. Sebagai disiplin teknologi, computer vision berusaha untuk
menerapkan teori dan model untuk pembangunan system.
Computer
Vision ini juga merupakan penggabungan antara pengolahan citra dan pengenalan
pola. Pengolahan citra (Image Processing) berlangsung proses tranformasi citra
atau gambar, proses ini bertujuan untuk mendapatkan kualitas citra yang lebih
baik. Dan pada pengenalan pola (pattern recognition) berlangsung proses
identifikasi objek pada citra atau innterpretasi citra, dimana proses ini
bertujuan untuk mengekstrak informasi atau pesan yang disampaikan oleh gambar
atau citra.
Contoh aplikasi visi
computer mencangkup sistem untuk :
-
Pengendalian proses (misalnya, sebuah
robot industry atau kendaraan otonom).
-
Mendeteksi peristiwa (misalnya, untuk
pengawasan visual atau orang menghitung).
-
Mengorganisir informasi (misalnya, untuk
pengindeksan database foto dan gambar urutan).
-
Modeling benda atau lingkungan
(misalnya, industry inspeksi, analisis gambar medis atau topografis model).
-
Interkasi (misalnya, sebagai input ke
perangkat untuk interaksi manusia computer).
Visi computer juga
dapat digambarkan sebagai pelengkap (tapi tidak harus lawan) penglihatan
biologis. Biologis visi, presepsi visual manusia adan berbagai system ini
beroperasi dalam hal prose-prosen fisiologis.
Sub domain visi
computer meliputi adegan rekonstruksi, acara deteksi, pelacakan video,
pengenalan objek, belajar, pengindeksian, gerak estimasi, dan gambar restorasi.
- Browsing
Audio Data
Sebuah
metode browsing jaringan disediakan untuk browsing video atau audio data yang
di tembak oleh sebuah IP. Jaringan video atau audio metode browsing mencakup
langkah-langkah dari :
a.
Menjalankan sebuah program splikasi
komputer local untuk mendapatkan kode identifikasi yang disimpan dalam kamera
IP.
b.
Transmisi untuk mendaftarkan kode
identifikasi ke DDNS (Dinamic Domain Name Server) oleh program aplikasi.
c.
Mendapatkakn kamera IP pribadi alamat
dan alamat server pribadi sehingga pasangan IO kamera dan control kamera IP
melalui kamera IP pribadi.
d.
Kopel ke layanan server melalui alamat
server pribadi sehina untuk mendapatkan video atau audio dara yang ditembak
oleh kamera IP, dimana server layanan menangkap video atau audio data yang
ditembak oleh kamera IP melalui Internet.
Singkatnya, browsing
audio data ini adalah suatu fasilitas yang dapat mengidentifikasi suatu file
audio. Misalnya, dengan mengetahui elemen-elemen yang tidak ada pada file audio
tersebut. Misalnya kita ingin mengetahui siapa penyanyi, siapa pengarang,
ataupun siapa pencipta dari file audio tersebut.
- Speech
Recognition
Automatic
Speech Recognition (ASR) adalah suatu pengembangan teknik dan system yang
memungkinkan computer untuk menerima masukan berupa kata yang di ucap.
Teknologi ini, memungkinkan suatu perangkat untuk mengenali dan memahami
kata-kata yang diucapkan dnegan cara digitalisasi kata dan mencocokkan sinyal
digital tersebut dengan pola tertentu yang tersimpan dalam suatu perangkat.
Kata-kata yang diucapkan diubah bentuknya mejadi sinyal digital dengan cara mengubah
gelombang suara sekumpulan angka yang kemudian disesuaikan dengan kode-kode
tertentu untuk mengidentifikasika kata-kata tersebut. Hasil dari identifikasi
kata yang diucapkan dapat ditampilkan dalam bentuk tulisan yang dapat dibaca oleh
perangkat teknologi sebagai sebuah komando untuk melakkan suatu pekerjaan,
misalnya penekanan tombol pada telepon genggam yang dilakukan secara otomatis
dengan komando suara.
Alat pengenal ucapan,
atau yang sering disebut dengan speech recognition ini membutuhkan sampel kata
sebenarnya yang diucapkan dari pengguna. Sampel kata akan didigitalisasi,
disimpan dalam computer, dan kemudian digunakan sebagai basis data dalam
memcocokkan kata yang diucapkan selajutnya. Sebagian besar alat pengenal ucapan
ini sifatnya masih tergantung pada pengeras suara. Dan kekurangan lain dari
alat ini, adalah alat ini hanya dapat mengenal kata yang diucapkan dari satu
atau dua orang saja, serta hanya bisa mengenal kata-kata terpisah, yaitu
kata-kata yang dalam penyampaiannya terdapat jeda antar kata. Hanya sedikit
dari peralatan ini yang sifatnya tidak tergatung pada pengeras suara dan dapat
mengenal kata yang diucapkan banyak orang serta dapat mengenal kata-kata
continue atau kata-kata yang dalam penyampaiannya tidak terdapat jeda antar kata.
Pengenalan suara
sendiri terbagi menjadi dua, yaitu pengenalan pengguna (identifikasi suara
berdasarkan orang yang berbicara) dan pengenalan ucapan (identifikasi
berdasarkan kata yang diucapkan).
- Speech
Syntesis
Speech
synthesis atau pidato sintesis adalah produksi buatan manusia pidato. Sebuah
ssistem computer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech synthezer, dan
dapat diimplementasikan dalam perangkat lunak atau perangkat keras.
Text-to-speech (TTS) system bahsa normal mengkonversi teks ke dalam pidato.
System lain membuat representasi linguistic simbolis seperti transkripsi
fonetik bicara.
Pidato buatan dapat
dibuat dengan potongan-potongan concatenating pidato yang direkam disimpan
dalam databace. Sestem berbeda dalam ukuran pidato yang tersimpan unit, sebuah
system yang menyimpan telepon memberikan rentang output terbesar, tetapi kirang
jelas. Untuk keperluan khusus domain, yang menyimpan seluruh kata-kata atau
kalimat memungkinkan output yang berkualitas tinggi atau synthesizer dapat
menggabungkan sebuah model dari system vocal dan karakteristik suara manusia
lain untuk membuat yang benar-benar “sintetik” output suara. Kualitas
synthesizer pidato dinilai oleh kesamaan dengan suara manusia dan kemapuannya
untuk dipahami, semua dimengerti text-to-speech profram yang memungkinkan
orang-orang dengan gangguan visual atau membaca untuk mendengarkan karya-karya
tulis di computer rumah.
Contoh : Fasilitas Text
to Speech pada sistem operasi Microsoft Windows
- Video
Conference
Layanan
video conference merupakan layanan komunikasi yang melibatkan video dan audio
secara real time. Teknologi yang digunakan untuk layanan video conference
komersial pada awalnya dikembangkan di atas platform ISDN (Integrated Switch
Digital Network) dengan standar H.320. Secara fungsional, elemen pendukung
layanan video conference terdiri dari :
a.
Terminal video conference atau endpoint
video conference, adalah perangkat yang berada di sisi pengguna video
conference.
b.
MCU (Multipoint Conference Unit), adalah
semacam server yang berfungsi sebagai pengendali konferensi yang melibatkan
banyak pengguna dan banyak sesi konferensi.
c.
Gateway dan gatekeeper adalah media yang
melakukan proses adaptasi komunikasi video conference berbasis ISDN ke IP dan
sebaliknya.
Tujuan
sebuah user interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia
agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini
penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa
merupakan alat tertua barangkali kedua tertua setelah gesture yang dipakai
orang untuk berkomunikasi sehari-harinya. Praktis semua pengguna komputer dan
Internet kecuali mungkin anak kecil yang memakai komputer untuk belajar membaca
dapat mengerti tulisan. Meski pada umumnya panduan user interface menyarankan agar
ikon tidak diberi tulisan supaya tetap mandiri dari bahasa, namun elemen user
interface lain seperti teks pada tombol, caption window, atau teks-teks singkat
di sebelah kotak input dan tombol pilihan semua menggunakan bahasa. Tanpa
bahasa pun kadang ikon bisa tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang
ikon bisa bersifat universal.
Referensi
:
[1] URL : http://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka,
29 Oktober 2015.
[2] K William, Brian. Using Information Technology
Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi, Yogyakarta : Andi Offset,
2007.
[3] Tim Koordinasi Telematika Indonesia. “Kerangka Teknologi Informasi Nasional”
, Jakarta, Februari 2001.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar